Latest News

Caranya Tidur yg Sehat & Baik Untuk Badan Berdasarkan Rasulullah Saw

- Hadits dari Barra bin 'Azib R.A: Rasulullah SAW bersabda yg Maknanya "Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah mirip wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kau dengan berbaring di lambung kananmu." (HR. Bukhari dan Muslim). Hadits ini mengajarkan kepada umat Islam supaya berbaring dilambung kanan. Pada Saat itu tak ada yg mengetahui apa alasan dibalik sunah tersebut, tetapi sekarang melalui penelitian yg panjang para ilmuwan berhasil mengungkapkan diam-diam di balik tawaran tersebut. Dan berikut ini bakal dijelaskan diam-diam dari banyak sekali posisi tidur.

 
Tidur Dengan Tengkurap
Dr. Zafir al-Attar berkata "Seseorang yg tidur dengan trik tengkurap di atas perutnya setelah suatu periode tertentu bakal mengalami kesulitan bernafas lantaran seluruh berat badannya bakal menekan ke arah dada yg menghalangi dada untuk merenggang dan berkonstraksi Saat bernafas. Hal ini juga sanggup menjadikan terjadinya kekurangan asupan oksigen yg sanggup mempengaruhi kinerja jantung dan otak."

Peneliti dari Australia telah menyatakan bahwa terjadi peningkatan kematian pada bawah umur sebesar tiga kali lipat Saat mereka tidur tengkurap dibandingkan bila mereka tidur dengan posisi menyamping. Sedangkan Majalah "Times" mempublikasikan hasil sebuah penelitian di Inggris yg membuktikan peningkatan tingkat kematian mendadak pada bawah umur yg tidur tengkurap.

Fakta-fakta tersebut sejalan dengan apa yg diajarkan dalam Islam, segimana Abu Hurairah RA meriwayatkan hadits dari Rasulullah SAW bahwa dia pernah melihat seorang laki-laki yg sedang tidur dengan posisi tengkurap, kemudian dia bersabda, "Sesungguhnya ini ialah trik berbaring yg dimurkai oleh Allah dan Rasul-Nya." (HR Tirimizi dan Ahmad-hasan lighairihi)

Tidur Terlentang
Dr. Zafir al-Attar menjelaskan bahwa Saat seseorang tidur dengan trik terlentang, maka hal ini bakal menjadikan orang tersebut bernafas melalui mulutnya. Hal ini dikarenakan lantaran pada Saat kita tidur terlentang maka ekspresi kita bakal terbuka, dikarnakan meregangnya rahang bawah.

Manusia harusnya bernafas melalui hidung, bukan mulut. Hal ini dikarnakan pada hidung terdapat bulu-bulu halus dan lendir yg sanggup menyaring kotoran yg ikut terhisap bersama udara yg kita hirup. Bernafas melalui ekspresi merupakan Keliru satu penyebab seseorang rawan terkena flu. Selain itu bernafas lewat ekspresi bakal menjadikan keringnya rongga mullut sehingga sanggup menjadikan terjadinya peradangan pada gusi.

Tidur Dengan Menyamping Ke Kiri
Tidur miring ke kiri ternyata jugalah tidak baik bagi kesehatan, terutama organ jantung. Hal ini dikarnakan Saat kita tidur pada posisi ini, maka paru-paru sebelah kanan, yg berukuran besar, bakal menekan kearah paru-paru. Hal ini bakal besar lengan berkuasa kepada kinerja jantung, terutama kepada orang yg berusia lanjut.

Tidur Dengan Menyamping Ke Kanan
Inilah posisi tidur terbaik yg diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pada Saat kita tidur dalam posisi ini jantung hanya bakal terbebani oleh paru-paru kiri yg berukuran kecil. Selain itu tidur dengan trik ini bakal menenpatkan hati pada posisi yg stabil. Selain itu posisi ini juga sangat baik bagi pencernaan, penelitian mengatakan Saat kita tidur dengan menyamping ke kanan, masakan bakal bisa dicerna oleh usus dalam 2,5 hingga 4,5 jam. Sedangkan dalam posisi tidur yg lain masakan gres bakal tamat dicerna setelah 5 hingga 8 jam.
 
Sumber : tobeeinspired.blogspot.com
Editing by : www.zootodays.blogspot.com 

0 Response to "Caranya Tidur yg Sehat & Baik Untuk Badan Berdasarkan Rasulullah Saw"

Total Pageviews