Latest News

Resepnya & Caranya Membuat Masakan Ringan Bagus Bika Ambon (Khas Medan)

- Jika kita berkunjung ke kota Medan, biasanya buah tangan yg pribadi terlintas dibenak kita yakni "kue bika ambon Medan". Rasanya yg lezat dengan tekstur / serat yg berisi membuat siapapun yg memakannya bakal mencicipi sensasi yg tiada dua. Nah, bagi anda yg suka makan bika ambon, berikut ini yakni Resepnya dan trik membuat masakan ringan manis bika ambon yg menjadi Keliru satu buah tangan khas kota Medan.



Bahan-bahan yg diperlukan:
- 500 gram tepung tapioka kualitas baik
- 500 gram gula pasir
- 120 ml air
- 60 gram tepung terigu protein rendah
- 12 sendok teh garam
- 11 butir kuning telur
- 4 sendok teh vanili bubuk
- 2 lembar daun pandan
- 2 lembar daun jeruk
- 2 batang serai
- 1 sendok makan ragi instan
- 1 liter santan
- Pewarna kuning telur secukupnya

Caranya membuat:
  1. Campurkan tepung terigu, air, dan ragi instan menjadi satu kemudian aduk hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang. Sisihkan.
  2. Masukkan gula pasir, garam, kuning telur, dan vanili abu kemudian kocok hingga mengembang dan mengental. setelah itu masukkan campuran pada langkah 1, kemudian aduk campuran hingga rata.
  3. Masukkan tepung tapioka bertahap sambil terus diaduk hingga campuran tidak berbutir.
  4. Masak santan dengan daun pandan, daun jeruk, dan serai kemudian dinginkan. Kemudian tuangkan ke adonan, tambahkan pewarna kuning telur kemudian aduk hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 3 – 4 jam.
  5. Olesi cetakan dengan sedikit minyak hingga rata, kemudian panaskan cetakan di dalam panggangan yg telah dialasi dengan pasir hingga panas.
  6. Tuangkan campuran pada cetakan hingga mendesis, kemudian tutup dengan tutupan yg berlubang. Panggang hingga berserat/ berlubang-lubang dan matang, kemudian angkat.
  7. Panggang di dalam panggangan sebentar dengan menggunakan api atas hingga bab atas masakan ringan manis bika ambon ini berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
  8. Potong-potong dan sajikan.
  9. Tipsnya yg bermanfaat dalam membuat masakan ringan manis bika ambon:
  10. Cetakan Musti dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih 1 jam sebelumnya.
  11. supaya bika ambon mempunyai tekstur yg bagus, masak santan dengan api kecil hingga berminyak, jangan pakai api besar alasannya yakni santan Mudah pecah.
  12. Pakai santan dari kelapa segar, supaya bika ambon gurih dan empuk.
  13. Buka tutup panggangan sedikit alasannya yakni masakan ringan manis bika ambon membutuhkan derma sedikit udara untuk membentuk sarang-sarangnya.

Dikutip dari laman indotopinfo dengan proses editing terlebih dahulu sebelum di post ulang. 

0 Response to "Resepnya & Caranya Membuat Masakan Ringan Bagus Bika Ambon (Khas Medan)"

Total Pageviews