Latest News

Inilah Negara Pertama yg 'Bakal' Hilang Dari Bumi (Indonesia Kah?)

- Kiribati (nama resminya Republik Kiribati) ialah sebuah negara kepulauan yg terletak di Samudra Pasifik. Negara yg penduduknya hanya sekitar 100 ribu jiwa ini terdiri dari 32 atol dan satu pulau besar. Dahulu Kiribati cukup kaya bakal kandungan fosfat namun sayangnya semua fosfat itu telah habis ditambang oleh penjajah sebelum negara ini merdeka pada 12 Juli 1979.
 
 
Saat ini sebagian besar tempat Kiribati berupa pasir dan karang sehingga sangat sulit untuk dilakukan pertanian di negara ini. Negara ini sangat menggantungkan pendapatannya dari sektor pariwisata dan perikanan. Selain itu negara ini juga sangat bergantung dari proteksi internasional.

Negara Kiribati merupakan Keliru satu negara dengan ketinggian terendah dari permukaan laut. Nagara ini mempunyai ketinggian rata-rata tidak lebih dari 2 meter dari permukaan laut. Saat ini sebagian negara ini, termasuk jalan-jalan dan beberapa area pemukiman, sudah mulai terendam oleh bahari dan sebagian besar warganya mengungsi kebagian pulau yg lebih tinggi terutama di sekitar kota Tarawa.

Beberapa jago di dunia telah memperkirakan, bahwa negara yg menjadi titik awal sistem penanggalan dunia ini bakal karam total paling lambat pada tahun 2100. Dengan keadaan pemanasan global yg semakin parah Saat ini malahan kemungkinan Kiribati bakal hilang dalam waktu yg lebih cepat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah Kiribati telah berupaya membeli area pemukiman di Fiji. Areal seluas sekitar 2000 hektare dipersiapkan sebagai tempat hunian gres bagi sekitar 100 ribuan penduduk Kiribati. Selain itu pemerintah Kiribati juga memperlihatkan banyak sekali pendidikan dan keterampilan kepada masyarakatnya semoga nanti bisa menyesuaikan diri dan bekerja di tempat yg baru. Pemerintah Kiribati berharap rakyatnya bakal bisa diterima dengan baik nantinya, bukan sebagai pengungsi tapi sebagai imigran yg bisa membawa efek positif terhadap negara yg bakal ditumpanginya.

Banyak pihak di dunia menyatakan salut atas tindakan yg diambil oleh pemerintah Kiribati. Mereka cepat sekali tanggap bakal permasalahan yg terjadi dan merumuskan pemecahan yg sangat baik. Kini satu-satunya persoalan yg menjadi kekhawatiran terbesar penduduk Kiribati ialah wacana keberlangsungan kebudayaan mereka nantinya. 
 
Sumber : tobeeinspired.blogspot.com
Editing by : www.zootodays.blogspot.com

0 Response to "Inilah Negara Pertama yg 'Bakal' Hilang Dari Bumi (Indonesia Kah?)"

Total Pageviews