Latest News

Ternyata Es Watu Restoran Lebih Jorok Daripada Toilet!

- Jika sebelumnya beredar kabar Jika Starbucks menggunakan air dari Toilet untuk membuat kopi, tapi ternyata ada yg lebih parah dari hal tersebut. Pasalnya air toilet dibeberapa restoran justru lebih higienis dibandingkan dengan es watu yg mereka sajikan dalam minuman.

Dilansir dari The Mail on Sunday, melaksanakan pemeriksaan terhadap es watu dan air toilet dari 10 restoran di Basingstoke, Hampshire, Inggris. Beberapa diantaranya mempunyai nama besar mirip Burger King, McDonald's, KFC, Starbucks, dan Pizza Hut. Sisanya yakni Nando's, Cafe Rouge, Pizza Express, Gourmet Burger Kitchen, dan Wagamama.

Sementara itu, staf restoran yg diminta memperlihatkan sampe es watu yg dimasukan ke dalam kantung steril. Sampel air dari toilet restoran juga dikumpulkan. Kemudian sampel-sampel tersebut dibawa dalam mesin pendingin ke Microtech Service Wessex di Bournemouth, Inggris untuk diteliti.

Sampel ini diuji kandungan patogen dan total bakterinya pada 22C dan 37C. Jumlah basil yg lebih banyak pada 22C memperlihatkan duduk kasus kebersihan akhir organisme di lingkungan. Contohnya yakni kebersihan mesin es yg kurang terjaga. Jumlah organisme maksimal 1.000 per ml.

Sementara itu, jumlah basil yg lebih tinggi pada 37C sering dikaitkan dengan kontaminasi oleh kontak insan atau hewan, contohnya daging di dapur. Direkomendasikan tak lebih dari 100 organisme per ml cairan.

Es watu yg disajikan dienam dari 10 restoran tersebut mengandung lebih banyak basil di banding air toilet. Kandungan basil melebihi batas pada 22C terdapat pada es watu di Nando’s (2.100), McDonald's (1.400), dan KFC (1.100).

Sedangkan pada 37C, hanya Burger King yg melewati batas, yakni 260 organisme. Keempat es watu di restoran inipun tergolong mempunyai kebersihan yg jelek, terutama Nando's dan Burger King yg melebihi dua kali lipat batas yg diperbolehkan.

Es watu di Starbucks dan Cafe Rouge memang mempunyai lebih banyak basil daripada air WC-nya, namun masih dalam taraf yg diperbolehkan laboratorium. Sementara itu, jumlah organisme dalam es watu Pizza Express, Pizza Hut, Gourmet Burger Kitchen, dan Wagamama tergolong sedikit dan lebih rendah daripada basil di toiletnya.

Sementara itu, berdasarkan mahir buruknya kebersihan pada es watu Nando's, McDonald's, dan KFC sanggup jadi lantaran mesin es dan sekopnya lebih langka dibersihkan dibanding toiletnya. Sementara itu, kasus Burger King mungkin dikarenakan oleh staf restoran yg lupa mencuci tangan sebelum menangani es.

“Mudah saja melupakan bahwa es sanggup membawa basil lantaran dianggap terlalu cuek bagi kuman, namun nyatanya tidak begitu. E.Coli sanggup bersembunyi di mesin es,” ungkap Dr. Melody Greenwood, mantan eksekutif laboratorium Health Protection Agency. [Source: Yahoo!]

0 Response to "Ternyata Es Watu Restoran Lebih Jorok Daripada Toilet!"

Total Pageviews