Latest News

Fakta-Fakta Internet yg Musti Anda Ketahui

- Anda mungkin menggunakan internet setiap hari, tapi seberapa banyak yg anda tahu mengenai internet? Pernahkah anda ingin tau gimana awal mula semuanya? Seberapa besar internet sebenarnya? Berapa banyak penggunanya dikala ini? Berapa usang waktu rata-rata yg dihabiskan seseorang untuk mengunjungi sebuah website? Inilah 21 fakta yg dikutip dari laman www.yghabibi.wordpress.com yg sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan anda perihal internet.

1. Siapa yg pertama kali mengeluarkan istilah “World Wide Web”?
Tim Berners-Lee di tahun 1990. Ia juga dianggap oleh sebagian besar orang sebagai orang yg pertama kali memulainya. 

2. Bagaimana awal dari internet?
Banyak orang percaya bahwa semuanya bermula di awal tahun 60an Saat universitas-universitas mirip Dartmouth, Berkeley dan universitas lainnya di US menggunakan komputer IBM-nya setrik bergantian. Pada dikala itu orang-orang saling menyebarkan komputer yg sama untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Internet juga mendapatkan sumbangan dari Sputnik! setelah satelit Rusia ini diluncurkan pada tahun 1957, Presiden Eisenhower kemudian membentuk ARPA untuk meningkatkan komunikasi dan jaringan komputer. 

3. Siapakah J.C.R. Licklider?
Licklider seringkali disebut sebagai bapak dari internet sebab idenya perihal komputer interaktif dan “Jaringan Galaksi” yg merupakan benih awal internet. Idenya kemudian dikembangkan melalui DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) di tahun 1962. Ia kemudian membantu membentuk ARPANET dan dengan demikian maka internet sedang dalam proses penciptaan. Vinton Gray Cerf juga merupakan Keliru satu pencipta internet. Ia memainkan kiprah penting dalam penciptaan internet yaitu sebagai orang yg mengembangkan protokol TCP/IP yg kita gunakan untuk internet. 

4. Apa itu ARPANET?
ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yg didirikan semasa peluncuran Sputnik dan perang dingin. Militer membutuhkan sebuah metode yg sanggup mengkomunikasikan dan membagi semua informasi pada komputer untuk kepentingan penelitian dan pengembangan. Hal ini juga bakal menjadi sebuah sistem komunikasi yg mempunyai kegunaan bila semua trik tradisional dihancurkan oleh sebuah serangan nuklir. 

5. Kapan sambungan jarak jauh yg pertama kali dilakukan?
Pada tahun 1965, Peneliti MIT, Lawrence G. Roberts berhubungan dengan Thomas Merrill, menggunakan sebuah saluran telepon dial-up berkecepatan rendah untuk menghubungkan komputer TX-2 di Massachusetts dengan komputer Q-32 di California. 

6. Siapakah Leonard Kleinrock?
Kleinrock mengutarakan teori pertukaran paket, yaitu bentuk dasar dari koneksi internet. Bersama sekelompok siswa UCLA, pada 29 Oktober 1969, Kleinrock terhubung dengan Stanford Research Institute, tetapi Saat mereka mengetikkan kata LOGIN, sistemnya mengalami crash pada abjad G. Makara LO merupakan kata pertama yg disampaikan melalui internet. 

7. Apa itu ethernet?
Sebuah protokol atau sistem untuk serangkaian teknologi jaringan komputer untuk jaringan area lokal (Local Area Network atau LAN), yg asalnya tiba dari desertasi Bob Metcalfe untuk Harvard yg berjudul Packet Networks. 

8. Kapan mouse pertama diperkenalkan?
Mouse komputer pertama diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Douglas Engelbart di Fall Joint Computer Expo di SanFransisco. 

9. Apakah Al Gore benar-benar membuat internet?
Tidak, tapi ia memang lebih aktif mempromosikan internet dibandingkan dengan pejabat terpilih lainnya. Ia bahkan bukan anggota kongres Saat ARPANET dibuat pada tahun 1969 atau Saat istilah ‘internet’ muncul di tahun 1974. Gore gres pertama kali terpilih pada tahun 1976. Gore sendiri yg mengakibatkan mitos ini, dalam sebuah wawantrik CNN pada tanggal 9 Maret 1999 ia berkata “Selama masa pelayanan saya di kongres US, saya mengambil inisiatif dalam membuat internet.” Hal inilah yg membuat banyak orang Keliru paham. 

10. Siapa yg membuat istilah “information superhighway”?
Menurut Wikipedia yg membuat istilah tersebut ialah Nam June Paik pada tahun 1974 dan Al Gore mempopulerkannya pada awal tahun 1990an. 

11. Dekade mana yg benar-benar mengalami kehebohan internet?
Dekade 90an. Internet meledak dengan diluncurkannya Mosaic, web browser terkenal yg pertama pada tahun 1993.
 
12. Seberapa cepat pertumbuhan internet?
Sangat cepat. Radio membutuhkan 38 tahun untuk mencapai 50 juta pengguna, TV membutuhkan waktu 13 tahun dan internet hanya membutuhkan waktu 5 tahun. Sumber: CyberAtlas.com 

13. Jumlah pengguna internet
Setrik bernafsu 35%nya Inggris, 65% non-Inggris dengan Cina pada 14%. Setrik total, hingga Desember 2004, hanya 13% dari seluruh populasi dunia, yaitu 812 juta orang yg merupakan pengguna internet. Amerika Utara mempunyai konsentrasi benua tertinggi dengan 70% orangnya menggunakan internet. 

14.Negara apa yg mempunyai persentase pengguna internet tertinggi?
Swedia dengan 75%. 

15. Seberapa besar dunia surfing internet?
Indeks Google dikala ini mempunyai 8 milyar halaman. Setrik bernafsu ada 812 juta surfer dan terus bertambah. menggunakan email (67%) dan melaksanakan penelitian (45%) ialah atrik utamanya, yg diikuti dengan mencari info perihal produk atau jasa (41%), membaca berita, rWirid atau Bacaan cuaca, dan lainnya (40%). Sumber : Harrisinteractive.com 

16. Apa sebutan dari index pertama internet?
Archie ialah indeks pertama yg dibuat pada tahun 1989 oleh Peter Deutsch di Montreal. Archie ialah abreviasi dari Archiver dan tidak ada hubungannya dengan komik yg berjudul sama. Backrub ialah nama orisinil Google. Larry Page dan Sergey Brin menggunakan nama ini untuk search engine mereka di tahun 1996 dan Google melaksanakan debutnya di tahun 1998. Google ialah plesetan dari Googol yaitu istilah untuk angka 1 yg diikuti dengan seratus angka 0. 

17. Siapa yg membuat istilah “The web might be better than sex”?
Bob Metcalfe di tahun 1995.

18. Apa kepanjangan HTTP?
HyperText Transfer Protocol yaitu protokol yg dipakai untuk mentransfer konten di internet.

19. Apa itu ISP?
Internet Service Provider yaitu jasa atau perusahaan yg anda gunakan untuk mengakses internet.

20. Apa itu HTML?
HyperText Markup Language yaitu bahasa berformat instruksi untuk mengirim dan membuat halaman-halaman web hypertext.

21. Bagaimana kebiasaan surfing rata-rata anda berdasarkan Nielsen NetRatings?
Setiap bulannya anda mengunjungi 59 domain, melihat 1.050 halaman dengan menghabiskan waktu rata-rata 45 detik untuk setiap halaman dan total 25 jam untuk semua atrik net ini. Setiap sesi surfing rata-rata menghabiskan waktu 51 menit.

0 Response to "Fakta-Fakta Internet yg Musti Anda Ketahui"

Total Pageviews