Latest News

Manfaat Terbesar Sujud Untuk Kesehatan Kita

- Sujud yaitu suatu gerakan yg Musti/harus dilakukan seorang muslim Saat sedang sholat. Mungkin banyak di kalangan umat Islam tidak sadar mengenai aneka macam pesan yg tersirat yg tersembunyi Saat sujud. Padahal, kita perlu sadari bahwa tiada sesuatu pun ciptaan dan suruhan Allah SWT yg sia-sia, malah setiap ciptaan itu mempunyai kelebihan yg selalu tidak terjangkau oleh logika manusia.

 Sujud yaitu suatu gerakan yg Musti/harus dilakukan seorang muslim Saat sedang sholat Manfaat Terbesar Sujud Untuk Kesehatan Kita
 
Kita diperintahkan untuk sholat (shalat / sembahyang), dan di dalam shalat kita terdapat gerakan-gerakan yg sudah ditentukan oleh Allah. Allah yg telah membuat kita, maka hanya Dia lah yg maha mengetahui gimana tubuh kita dan gimana trik merawatnya.

Manusia melaksanakan sujud dalam dua bentuk, yaitu sujud fisik mirip Saat shalat dan sujud spiritual berbentuk ketaatan kepada perintah Allah s.w.t. dan menjauhi larangan Nya. Ulama menyampaikan sujud Saat shalat yaitu waktu dimana insan berada hampir paling akrab dengan Allah s.w.t. dan mereka menyarankan kita untuk bersujud lebih lama.

Dr. Fidelma O'Leary, Phd Neuroscience dari St Edward's University, mendapati fakta mengenai manfaat sujud bagi kesehatan. Dalam kajiannya ditemukan ada beberapa urat syaraf di dalam otak insan yg tidak dimasuki darah dan urat ini gres bisa dimasuki darah pada dikala manusia sujud. keren www.zootodays.blogspot.com

Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa dikala tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yg telah ditetapkan (subuh, zuhur, ashar, maghrib, 'isya). Subhanallah. Jadi, siapa yg tidak shalat maka urat ini tidak mendapatkan darah, sehingga otaknya tidak
berfungsi setrik normal.

Karena letak otak di atas jantung, maka kata Prof Hembing, jantung hanya bisa membekalkan 20% darah ke otak manusia, jadi dibantu dengan sujud yg lebih usang semoga menambah kekuatan pemikiran darah ke otak (Nabi saw menyuruh semoga kita sujud lama-lama di raka'at terakhir, sambil banyak meminta semua harapan kita).
 
Manfaat sujud berlama-lama, diantaranya adalah: 
  • Menolak pusing / pening
  • Menolak migrain
  • Menyegarkan otak
  • Menajamkan logika pikiran
  • Melegakan sistim pernapasan
  • Membetulkan pundi peranakan yg jatuh
  • Memperbaiki kedudukan bayi sungsang
 
Otak merupakan sentra pengatur dari seluruh kegiatan manusia, dan terdapat banyak sekali urat-urat saraf yg bertugas masing-masing. Serta bentuknya mirip orang sujud (baca: ternyata bentuk otak insan mirip orang sujud di Maknakel blog ini yg dulu), subhanallah. Hikmah lainnya, sujud sanggup melegakan sistem pernafasan dan mengembalikan posisi organ dalam badan ke lokasi asalnya.

  1. Membetulkan kedudukan buah pinggang yg terkeluar sedikit daripada lokasi asalnya.
  2. Membetulkan pundi peranakan yg jatuh.
  3. Melegakan sakit hernia.
  4. Mengurangkan sakit senggugut Saat haid.
  5. Melegakan paru-paru daripada ketegangan.
  6. Mengurangkan kesakitan bagi pesakit apendiks atau limpa. Kedudukan sujud yaitu paling baik untuk berehat dan mengimbangkan lingkungan bahagian belakang tubuh.
  7. Meringankan bab pelvis.
  8. Memberi dorongan supaya Mudah tidur.
  9. Menggerakkan otot bahu, dada,leher, perut serta punggung Saat bakal sujud dan berdiri daripada sujud. Pergerakan otot ini bakal mengakibatkan ototnya lebih besar lengan berkuasa dan elastik,setrik semula jadi dan ia juga bakal memastikan kelantrikn perjalanan darah.
  10. Bagi wanita, pergerakan otot itu menjadikan buah dadanya lebih baik,mudah berfungsi untuk menyusukan bayi dan terhindar daripada sakit buah dada.
  11. Sujud juga bisa mengurangkan kegemukan.
  12. Pergerakan bahagian otot sewaktu sujud juga boleh memudahkan perempuan bersalin.organ peranakan Mudah kembali ke tempat asal serta terhindar daripada sakit gelombang perut (Convulsions).
  13. Organ terpenting yaitu otak kita juga bakal menerima banyak bekalan darah dan oksigen.
  14. Mengelakkan pendarahan otak Jika tiba-tiba menerima pengepaman darah ke otak setrik besar lengan berkuasa dan mengejut serta terhindar penyakit salur darah dan sebagainya.
  15. Dari segi psikologi pula, sujud membuatkan kita merasa rendah diri di hadapan yg Maha pencipta sekali gus mengikis sifat sombong,riak takabur dan sebagainya.
  16. Manakala dari sudut pengobatan pula, kesan sujud yg usang bakal menambahkan kekuatan pemikiran darah ke otak yg bisa mencegah sakit kepala dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang.
Subhanallah, begitu banyak manfaat dari sujud bagi kesehatan badan kita, tentunya hanya Allah lah sang maha kreator yg benar-benar mengetahui apa saja yg terbaik bagi hamba-hambanya. Bagaimana? Maukah anda berlama-lama sujud Saat melaksanakan ibadah sholat?

Sumber : jurnalhajiumroh.com

0 Response to "Manfaat Terbesar Sujud Untuk Kesehatan Kita"

Total Pageviews