Latest News

Tentang Air Komplit (Tugas Sekolah Mimin)


- Anda tahu & kenal dengan air? niscaya tahu donk. Sebenarnya Maksud dengan air itu apa sih? Air yaitu senyawa adonan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi H2O.


SIKLUS AIR
Siklus air atau siklus hidrologi yaitu sirkulasi air yg tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.
Pemanasan air bahari oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut sanggup berjalan setrik terus menerus. Air berevaporasi, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan batu, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.
Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi sanggup berevaporasi kembali ke atas atau pribadi jatuh yg kemudian diintersepsi oleh tumbuhan sebelum mencapai tanah. setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak setrik kontinu dalam tiga trik yg tidak sama:
  • Evaporasi / transpirasi - Air yg ada di laut, di daratan, di sungai, di tanaman, dsb. kemudian bakal menguap ke angkasa (atmosfer) dan kemudian bakal menjadi awan. Pada keadaan jenuh uap air (awan) itu bakal menjadi bintik-bintik air yg selanjutnya bakal turun (precipitation) dalam bentuk hujan, salju, es.
  • Infiltrasi / Perkolasi ke dalam tanah - Air bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah. Air sanggup bergerak akhir agresi kapiler atau air sanggup bergerak setrik vertikal atau horizontal dibawah permukaan tanah hingga air tersebut memasuki kembali sistem air permukaan.
  • Air Permukaan - Air bergerak di atas permukaan tanah bersahabat dengan anutan utama dan danau; makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka anutan permukaan semakin besar. Aliran permukaan tanah sanggup dilihat biasanya pada tempat urban. Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yg membawa seluruh air permukaan disekitar tempat anutan sungai menuju laut.
Air permukaan, baik yg mengalir maupun yg tergenang (danau, waduk, rawa), dan sebagian air bawah permukaan bakal terkumpul dan mengalir membentuk sungai dan berakhir ke laut. Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam komponen-komponen siklus hidrologi yg membentuk sistem Daerah Aliran Sungai (DAS).Jumlah air di bumi setrik keseluruhan relatif tetap, yg berubah yaitu wujud dan tempatnya.Tempat terbesar tejadi di laut.

MANFAAT AIR

Seperti yg sudah kita ketahui bahwa air mempunyai kiprah penting bagi badan manusia, apa balasannya kita jikalau hidup tanpa air ? tentu kita sudah tidak bakal hidup didunia ini. Betul bukan ? Maka dari itu kita Musti sering sering memakan air untuk badan kita.

Ingin tahu apa saja manfaat air bagi badan dan kesehatan kita ? mari simak berikut ini :

Pengganti Ion Tubuh
Keliru satu manfaat air bagi badan kita yaitu sebagai pengganti ion tubuh, tentu donk karna setelah seharian kita menjalani banyak sekali atrik yg melelahkan tentu banyak energi yg hilang dalam badan kita. Maka dari itu air sangat diharapkan sebagai pelepas dahaga yg baik bagi kesehatan badan kita.

Menjaga Keseimbangan Tubuh
Faktanya bahwa badan kita sekitar 60 % nya terdiri dari cairan. Cairan dalam badan ini mempunyai fungi masing masing diantaranya dalah sebagai proses pencernaan, peresapan sari makanan, dan masih banyak lagi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk memakan air, karna sanggup Anda bayangkan sendiri apa yg bakal terjadi jikalau hingga kekurangan asupan air dalam badan kita.

Memelihara kesehatan Ginjal
Fakta lainnya yaitu sebagai memelihara kesehatan ginjal, ibarat yg sudah saya katakan sebelumnya bahwa cairan dalam badan mempunyai fungsinya masing masing Keliru satunya yaitu sebagai alat transportasi sisa limbah atau kotoran dalam badan yg nantinya bakal dibuang dalam bentuk urin.

Merawat Kulit
Tahukah Anda bahwa air mempunyai kiprah sebagai merawat kulit kita ? yaa, dengan memakan air sebanyak 8 gelas setiap harinya berMakna Anda telah merawat kulit Anda menjadi lebih lembut dan halus. Ini merupakan trik alami dalam merawat kulit.

CIRI-CIRI AIR yg BERSIH DAN SEHAT
Air yg tercemar dan mengandung mineral tinggi bakal mengganggu kesehatan badan kita, dan di bawah ini ada beberapa ciri-ciri air higienis dan sehat yg kondusif dikonsumsi, yaitu yaitu sbb :

Air Musti jernih atau tidak keruh. Kekeruhan sanggup dikarenakan lantaran butir-butir pasir  yg terkandung, semakin banyak butir-butir pasir makan semakin keruh air tersebut.
Air tidak berwarna, dengan kata lain air yg tidak berwarna maka tidak mengandung zat-zat yg berbahaya bagi tubuh.
Rasanya tawar dan tidak berbau. Apabila air rasanya asin atau asam maka air itu kualitas rendah. Air yg berbau maka di dalam air itu terjadi pelapukan atau mikroorganisme.
Kesadahannya rendah.
Derajat keasaman (pH) nya netral sekitar 6,5 – 8,5 dan tidak mengandung zat kimia beracun.
Tidak boleh mengandung kuman pantogen ibarat Escheria coli atau sering dikenal E coli. Bakteri ini sering menyerang alat pencernaan manusia.

JENIS-JENIS AIR
Air merupakan sumber kehidupan yg tidak sanggup tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air manusia, binatang dan tumbuhan tidak bakal sanggup hidup. Air di bumi sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu :
1. Air Tanah
Air tanah yaitu air yg berada di bawar permukaan tanah. Air tanah sanggup kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis.
a. Air Tanah Preatis
Air tanah preatis yaitu air tanah yg letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.
b. Air Tanah Artesis
Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.
2. Air Permukaan
Air pemukaan yaitu air yg berada di permukaan tanah dan sanggup dengan Mudah dilihat oleh mata kita. Contoh air permukaan ibarat laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. Air permukaan sanggup dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Perairan Darat
Perairan darat yaitu air permukaan yg berada di atas daratan contohnya ibarat rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.
b. Perairan Laut
Perairan bahari yaitu air permukaan yg berada di lautan luas. Contohnya ibarat air bahari yg berada di laut.

KEGUNAAN AIR BAGI TUBUH MANUSIA
1. Melumasi masakan di lisan semoga Mudah ditelan.
2. Melapisi dinding usus semoga masakan sanggup didorong oleh usus dengan gaya peristaltik.
3. Terlibat dalam proses pencernaan setrik kimiawi.
4. Melarutkan senyawa nutrisi untuk didistribusikan ke setiap sel yg membutuhkan.
5. Penyusun tubuh, yaitu 70% dari badan insan yaitu air.
6. Menjaga tekanan osmotik sel. Tekanan yg terlalu tinggi menimbulkan denyut nadi meningkat dan sakit kepala. Tekanan yg terlalu rendah menimbulkan otot Anda melemah, ibarat Saat Anda mengalami dehidrasi.
7. Pemeran utama dalam proses metabolisme di dalam maupun luar sel.
8. Melarutkan zat buangan, membawanya ke anutan darah, kemudian membuangnya melalui ginjal, kulit, dan paru-paru.
9. Sebagai media pergerakan sel darah putih, sel badan yg bertugas menumpas segala macam bibit penyakit.
10. Menjaga kekentalan cairan darah merah, mempertahankannya pada tekanan normal.
11. Menjaga suhu tubuh. Saat badan Anda kepanasan, keringat segera membasahi kulit. Suhu badan kembali normal.

SIFAT AIR
Air sering disebut sebagai sumber kehidupan.  Sebuah ungkapan yg tidak berlebihan, lantaran kita ketahui bahwa semua makhluk hidup mempunyai ketergantungan terhadap air. Sebenarnya, apa yg membuat air begitu spesial? Berikut beberapa sifat air yg penting bagi kehidupan.

Air mempunyai tiga fase: cair, gas, dan padatan. Dapat dengan Mudah berubah fase dalam dalam rentang temperature yg ada di permukaan bumi. Siklus air global didasarkan pada tiga fase air tersebut. Air dalam fasa padat (es) lebih ringan dibandingkan fasa cairnya. Ini merupakan anomali; setrik umum, senyawa lain dalam fasa padatnya mempunyai berat jenis yg lebih besar ketimbang fasa cairnya sehingga bakal tenggelam. Implikasinya: Jika es lebih berat dari air, maka kita hanya mempunyai sedikiit air laut!

Air di tempat kutub membeku musiman, tetapi lapisan es bakal meleleh selama ekspresi dominan panas, atau bergeser ke tempat yg lebih hangat dan meleleh di sana. Jika es lebih berat dari air, ia bakal karam ke bawah bahari dan terisolasi dari panas sinar matahari. Dengan demikian, sebagian besar lautan bakal terdiri dari lapisan es di bawah, hanya beberapa meter dari permukaan saja yg merupakan lapisan air Saat ekspresi dominan panas. Selanjutnya hal ini bakal bakal sangat membatasi penguapan dan pembentukan awan, yg merupakan sumber air tawar di daratan.

Air sanggup melarutkan garam dan gas tetapi sanggup dengan Mudah terpisah sebagai uap murni. Sinar matahari menguapkan air dari laut, tetapi garam tetap berada di laut. Hasilnya: uap air (awan) digerakkan angin menuju daratan, kemudian mengembun menjadi hujan, yg merupakan sumber air tawar di daratan, kemudian kembali lagi ke laut.

Air Mudah melarutkan CO2 dan menjadi larutan asam yg efektif. Selain atmosfer, sumber CO2 juga terdapat pada zona akar dalam tanah. Semua batuan bakal mengalami interaksi dengan air yg asam ini dan bakal tererosi dan diangkut menuju laut.

Air yg mempunyai viskositas yg rendah dan tidak lengket. Akibatnya: (1) Dapat mengalir sebagai air permukaan air setrik efisien. (2) Dapat menembus (infiltrasi) ke dalam tanah. (3) Mengalir melalui batuan permeabel. Air mempunyai berat cukup untuk sanggup dipindahkan oleh gaya gravitasi. Akibatnya: memungkinkan adanya anutan airtanah dan runoff air permukaan.

Air mempunyai berat jenis yg tepat. Hasilnya: uap air tidak keluar dari Bumi. Air dan uap air tembus pandang. Akibatnya: sinar matahari sanggup masuk melalui udara dan melalui puluhan meter kedalaman bahari dan danau, sebagai energi persyaratan kehidupan. Air termasuk gas rumah kaca. Akibatnya: air memelihara keseimbangan temperatur di Bumi.

CONTOH PENCEMARAN AIR
Pencemaran air yaitu fenomena yg Saat ini mengancam kelestarian lingkungan dimana kita tinggal. Contoh pencemaran air sangat banyak, yg paling berbahaya yaitu pencemaran air lantaran pembuangan limbah industri atau pengolahan materi buangan yg kurang maksimal sehingga materi tersebut sanggup mencemari lingkungan khususnya air.

Contoh limbah industri sanggup berupa zat cair maupun materi padat yg dibuang sembarangan sehingga bakal menjadikan air tercemar oleh materi kimia didalamnya. Komponen pencemar yg paling sering ditemukan ibarat materi buangan berupa cairan berminyak, limbah sabun, limbah organik maupun non organik, materi insektisida, dan juga zat radioaktif.

Contoh pencemaran air sanggup kita lihat pada air danau atau sumber air yg tercemar oleh zat limbah berbahaya sehingga menjadikan ekosistem didalam air menjadi terganggu. Dampak pencemaran air yg paling terasa yaitu pada ketidak-seimbangan ekosistem dilingkungan yg tercemar, kualitas air menjadi menurun, serta dampak terhadap kesehatan lingkungan.

Untuk mencegah pencemaran air semakin meluas, maka perlu adanya penanggulangan terhadap pencemaran air. Penanggulangan tersebut sanggup dibagi menjadi dua kategori yaitu penanggulangan teknis dan penanggulangan non teknis.

Penanggulangan teknis mencakup tindakan dari perusahaan yg memproses limbah materi pencemar, contohnya dengan melaksanakan pengolahan terhadap limbah, mengubah proses industri sehingga dampak dari limbah sanggup berkurang, serta menambah peralatan untuk mengurangi materi pencemar.

Sedangkan penanggulangan non teknis yaitu dengan memberlakukan sistem perundang-undangan yg sanggup mengatur serta mencegah pencemaran air meluas dan mengawasi segala proses industri pengeluar materi limbah.

CUKUP SEKIAN DAN WASALLAM

0 Response to "Tentang Air Komplit (Tugas Sekolah Mimin)"

Total Pageviews